Senin, 24 Agustus 2009

bunga kenop


Tumbuhan ini terdapat di seluruh Indonesia terutama di daerah yang beriklim basah sampai sedang. Biasa tumbuh di hala­man rumah atau di ladang-ladang ditempat terbuka dengan penyinaran matahari yang cukup. Bisa tumbuh pada ketinggian 1 - 1.400 m diatas permukaan laut.

Tumbuhan ini sampai di Indonesia berasal dari Amerika dan Asia. Berupa perdu yang batangnya hijau kemerahan, berkayu lunak, berambut dan bercabang-cabang tinggi sampai dengan 60 cm. Daun bertang-kai,letak berhadapan, bentuk bundar telur sungsang sampai memanjang; panjang 5 - 10cm, lebar 2 - 5 cm. Ujung meruncing warna hijau di bagian atas dan halus di bagian bawah, warna rambut putih. Bunga bentuk bonggol seperti bola, berwarna merah tua keunguan, ada yang berwarna putih. Bijinya banyak, kecil-kecil panjang.

KLASIFIKASI : Bunga Kenop disebut Gomphrena globosa L,termasuk ke dalamfamili átumbuhan Amaranthaceae. Tanaman ini dikenal dengan nama daerah kembang puter, adas-adasan dan kembang gundul.

SIFAT KIMIAWI : Tumbuhan ini memiliki kandungan kimia yang khas yang sudah diketahui yaitu Gomphresin I, II, III, V,VI.dan amaranthin. Terdapat juga kandungan minyak atsiri, flavon, atau saponin.

EFEK FARMAKOLOGIS : Tumbuhan ini bersifat : anti batuk dan peluruh dahak, anti asthmatik, anti radangmata. Dalam farmakologi Cina disebut tumbuhan ini memiliki rasa manis dan netral.

BAGIAN TANAMAN YANG DIGUNAKAN: Efek farmakologi ini diperoleh dari penggunaan : Bunga atau seluruh tanaman, segar atau dikeringkan.

PENYAKIT YANG DAPAT DISEMBUHKAN DAN CARA PENGGUNAANYA

Berdasarkan berbagai literatur yang mencatat pengalaman turun-temurun dari berbagai negaradan daerah, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit-penyakit sebagai berikut :

1. Asthmabronchial. Bunga 10 kuntum direbus, ditambah arak kuning, minum secara rutin 3 kali sehari.

2. Buang air kecil tidak lancar. Bunga 3 - 10 gram direbus, minum.

3. Panas pada anak (karena gangguan liver). Bunga segar 7 - 14 kuntum, direbus, minum.

4. Dysentry. Bunga segar 10 kuntum ditambah arak kuning, rebus, minum

5. Bronchistischronis. Sudah dibuat obat suntik, disuntikan pada titik akupuntur. Sepersepuluh penderita timbul rasa kering di tenggorokan setelah mendapat suntikan,tetapi hanya sementara.

6. Menambah nafsu makan. Rebus 20 grherba segar dalam 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Minum.

PERHATIAN : Keracunan terjadi karena pemakaian terlalu banyak yang biasanya memiliki gejala rasa kering ditenggorokan. Bila peng­gunaan obat ini dihentikan atau dikurangi, maka rasa kering ini akan hilang dengan sendirinya. Tidak ada kontra indikasi yang spesifik.

CARA BUDIDAYA : Perbanyakan tanaman menggunakan biji. Biji disemaikan dan dalam waktu 3 - 4 minggu hasil semaian dapat dipindahkan ke lubang tanam yang sudah disediakan. Cara lain dapat pula dilakukan dengan stek batang. Pemeliharaan tanaman ini mudah, seperti tanaman lain dibutuhkan cukup air dengan penyiraman atau menjaga kelembaban tanah dan pemupukan terutama pupuk dasar.

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates