Si rubah api ini adalah browser favorit saya. Saya pakai beberapa browser lainnya juga, tapi si rubah api saya jadikan default browser. Dari pengalaman saya selama menggunakan Firefox, browser ini banyak “makan” source RAM. Apalagi kebiasaan saya adalah banyak membuka tab / jendela browser. Ini memperlambat kerja Firefox dalam me-load halaman yang dibuka. Anda pernah mengalaminya juga??

Ada banyak cara untuk mempercepat atau menambah performa Firefox. Disini saya akan membahas 3 diantaranya. Saya sudah mencoba dan hasilnya Firefox saya “berjalan” lebih cepat dari sebelumnya. Anda ingin mencobanya?? Silakan ikuti langkah-langkah berikut. Selamat mencoba…

Mengurangi penggunaan RAM oleh Firefox pada cache-nya

1. Ketikkan “about:config” (tanpa tanda petik. Semua tanpa tanda petik) pada address bar di Firefox browser, tekan Enter. Akan muncul warning. Klik saja tombolnya untuk melanjutkan.
2. Temukan “browser.sessionhistory.max_total_viewers”
3. Set value menjadi “0″ (nol/zero)


Meningkatkan kecepatan Firefox untuk membuka (load) halaman web

1. Ketikkan “about:config” pada address bar di Firefox browser, tekan Enter.

2. Cari dan setting beberapa hal berikut:
Set “network.http.pipelining menjadi true (klik kanan, pilih toggle)
Set network.http.proxy.pipelining menjadi true (klik kanan, pilih toggle)
Set network.http.pipelining.maxrequests masukkan saja angka 10

3. Klik kanan di mana saja (di halaman about:config), pilih New > Integer.
Beri nama nglayout. initialpaint.delay dan set value- nya 0 (nol)

Anda juga bisa menambahkan konfigurasi berikut di about:config:

Klik kanan, > New > Integer atau String

network.dns.disableIPv6, set false
content.notify.backoffcount, set 5 (lima)
ui.submenuDelay, set 0 (nol)


Mengurangi pemakain RAM menjadi 10 MB ketika Firefox di minimized

1. Ketikkan about:config pada address bar di Firefox browser, tekan Enter.
2. Klik kanan di halaman browser, pilih New > Boolean.
3. Di pop up yang muncul, isikan config.trim_on_minimize. Kemudian tekan Enter. Pilih True, tekan Enter lagi.
4. Restart Firefox.

Setelah anda meng-konfigurasi dengan tepat, silakan anda bandingkan dengan sebelumnya. Semoga hasilnya memuaskan.
Happy blogging! happy browsing! and happy blogwalking!