Sabtu, 05 September 2009

Icon Shortcut Program yang ada di desktop komputer secara defaultnya berada di sebelah kiri desktop secara berurut dari atas kebawah. Seperti yang ditampilkan oleh gambar dibawah ini.

Jika kita menginstall program aplikasi baru, secara otomatis, program tesebut menampilkan shortcut programnya di desktop. Banyaknya icon shortcut program yang ada di desktop membuat kita tidak nyaman melihatnya. aplikasi, Real Desktop dapat membuat desktop menjadi 3 dimensi dan membuat icon-icon shortcutnya seperti tumpukan buku sehingga icon yang banyak tidak jadi masalah lagi. Tapi program aplikasi ini terbatas untuk orang-orang yang mempunyai computer dengan spesifikasi yang sangat minim seperti kapasitas hardisknya kurang, RAMnya hanya 125 MB, tidak adanya VGA Card, dsb.

Salah satu cara memperindah icon shortcut yang ada di desktop yaitu mengatur posisinya agar kita nyaman melihatnya. Cara ini dapat diatur secara manual yaitu dengan cara menggerakkan icon dengan cara mendragnya dan menyusun sesuai dengan hati kita Tapi cara tersebut sebenarnya kurang efektif. Toh, jika ada icon tambahan baru, pasti kita mengatur ulang lagi sehingga hanya menambah pekerjaan dan banyak membuang waktu.

Apakah solusi dari masalah diatas? Ya! Kita mengatur icon desktop secara otomatis. Ini tentunya memerlukan program aplikasi. Program aplikasi yang cocok digunakan yaitu Shock Desktop.

Lihatlah gambar dibawah ini. Ini adalah hasil kerja dari Shock Desktop.


atau

Cukup menarik bukan? Dengan Shock Desktop, untuk mengatur icon menurut selera hanya memerlukan waktu tak lebih dari 10 detik. Ada beberapa model yang bias kita pilih, seperti Model Align (Left, Right, Top, Bottom), Misc (Arround, Circle, Ellipse, Heart, Star, Twister) dan Polygon (Triangle, Tetragon, Pentagon, Hexagon, Heptagon).

Cara menggunakannya sangat mudah. Download dan Installah Shock Desktop (ukurannya tidak lebih dari 600 KB!). Setelah itu, akan muncul icon Shock desktop pada taskbar (sebelah kanan, dekat jam, berwarna hijau). Klik kanan icon tersebut dan pilih ‘Desktop Icon Layout’. Setelah itu, pilihlah tipe model icon yang anda sukai. Jangan lupa setting Shock Desktop agar selalu aktif walaupun computer anda di mati-nyalakan. Caranya dengan mengklik pilihan ‘Options’ dan ceklist ‘Automatically start with windows’ lalu klik OK.

Sangat mudah dan simple. Anda tidak usah khawatir lagi jika menambah icon di desktop. Anda tidak perlu lagi membuang waktu anda hanya untuk mengatur tampilan icon di desktop secara manual. Anda tidak computer dengan spesifikasi tinggi. Anda tidak perlu malas lagi jika mendownload program Shock Desktop karena ukurannya sangat kecil. Hanya sekitar 600 KB, setara dengan sekitar 1/6 ukuran satu buah lagu file MP3

0 Comments:

Post a Comment



By :
Free Blog Templates